EKSISTENSI PMM DI TENGAH KEHIDUPAN GURU INDONESIA



Penulis : H. Tarmizi, S.Ag 

Kepala SMK Negeri 2 Tambusai Utara 

Mahasiswa Pedagogi Pascasarjana UNILAK

Platform Merdeka Mengajar atau yang kita kenal dengan PMM.adalah salah satu Platform digital yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang diluncurkan pada 11 Februari 2022 sebagai wadah pembelajaran dan berbagai inspirasi diantara pendidik di seluruh Indonesia.  Selain itu juga hadirnya PMM menjadi salah satu dukungan dalam implementasi kurikulum merdeka yang saat ini menjadi kurikulum di satuan pendidikan.

Sejak kemunculannya di tengah-tengah kehidupan guru, PMM telah menjadi bahan perdebatan dan pro-kontra dikalangan pendidik dan praktisi pendidikan. Dalam era digital seperti saat ini, PMM membuka pintu untuk peningkatan kualitas pengajaran dengan beragam metode dan strategi. Banyak guru yang merasakan dampak positif dari PMM dan kemudian berdampak melalui pembelajaran yang dirasakan oleh siswa. Lain dari itu, terdapat sebagian guru yang belum sepenuhnya terbuka terhadap digitalisasi dalam dunia pendidikan. Beberapa mungkin meragukan keefektivitasan PMM sebagai alat pembelajaran bagi guru. Penolakan terhadap PMM juga mungkin didorong oleh berbagai factor mulai dari ketidakpahaman hingga kekhawatiran nya.

Fenomena tentang PMM di social media. Media social kini ramai beropini mengenai PMM. Seiring dengan kehadiran PMM,, banyak guru yang menjadi mendadak sebagai guru content creator dan menggunakan social media mereka untuk menyuarakan ketidaksetujuan terhadap PMM. Mereka secara vocal menyuarakan isu-isu terhadap kehadiran PMM dalam bentuk mimpi buruk dalam dunia pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya beban guru. selain disibukkan dengan kegiatan belajar mengajar, guru disibukkan dengan berbagai administrasi yang tiada habis habisnya. Focus guru yang awalnya mengajar di kelas juga sibuk memikirkan penyelesaian berbagai topic yang disediakan PMM. Waktu guru habis tersita dengan kegiatan yang tiada habisnya. Fenomena guru senior yang sudah berusia lanjut yang mungkin belum sepenuhnya akrab dengan teknologi akan menjadi hambatan serius terhadap adaptasi mereka terhadap PMM. Meskipun awalnya mungkin terasa canggung, banyak juga guru senior yang berhasil mengatasi ketidaknyamanan tersebut. Mereka belajar untuk mengutak atik aplikasi, belajar bersama guru yang lebih muda. Meskipun dunia teknologi semakin maju, nyatanya akses internet masih belum memadai di pelosok negeri. Yang akhirnya memaksa guru untuk menjangkau sinyal secara tidak lazim seperti naik bukit, manjat pohon atau hal lainnya. Bukan karena mereka tak mau, melainkan karena kondisi yang tidak memungkinkan,

Kesimpulan dan Saran

Keterlibatan guru dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri masih sangat tergantung pada kemauan dan komitmen masing-masing guru. PMM bukanlah solusi mutlak melainkan salah satu sarana yang memberikan dukungan untuk peningkatan kualitas pengajaran.  Dan PMM sebagai universitas online bagi guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan pendidikan modern . Tentu masih harus banyak membaca data, baik yang pro maupun yang kontra. Jangan sampai guru merasa terjajah aplikasi.

    Opini ini tidak bermaksud untuk merendahkan nilai aplikasi PMM, tetapi lebih sebagai upaya untuk memahami dan mendengarkan guru dalam menghadapi perubahan teknologi di dunia pendidikan. Seiring dengan perkembangan teknologi untuk mencari solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan semua pihak dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang efisien dan mendukung bagi guru dan siswa. 

Location: jl pelajar 02, Mahato, Mahato, Kec. Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Riau 28983, Indonesia

Related

Foto 3936260799763053894

Post a Comment

emo-but-icon

Kepala Sekolah



Assalamualaiku, Wr. Wb
Saya ucapkan selamat datang di website Resmi SMK Negeri 2 Tambusai Utara. Website ini memuat segala sesuatu tentang SMK tercinta. Semoga informasi yang kami sajikan dapat membantu anda.
Wassalamualaikum, Wr. Wb

Logo Sekolah

Logo TKJ

Logo ATPH

Logo TBSM

item